Anti Lemot, Cara dan Tips Ampuh Mempercepat Koneksi Internet

Di zaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini, kehadiran internet tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan internet dapat memudahkan kita menyelesaikan berbagai pekerjaan, namun internet juga menyimpan sisi negatifnya.

Bila bicara tentang internet tentunya tidak dapat lepas dari yang namanya kecepatan koneksi internet. Tentu akan percuma bila peraangkat yang kamu gunakan sudah berspesifikasi tinggi namun internetnya lemot atau lambat.

Bila hal ini terjadi tentu akan sangat menyebalkan, kamu akan bertanya-tanya apakah kesalahan ada pada jaringannya atau perangkat yang digunakan. Untuk itu jangan khawatir lebih dulu karena ada cara mempercepat koneksi internet yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa cara tersebut :

1. Periksa dan bersihkan website yang dikunjungi

Bila internetmu tiba-tiba lemot namun jaringannya bagus maka kamu harus memeriksa dan membersihkan cache browsermu. Hal ini karena secara otomatis data seperti cookies, cache dan history akan tersimpan di browser. Tiga hal ini adalah informasi mengenai website yang kamu kunjungi hingga username / password yang kamu simpan untuk mengunjungi situs tertentu. Karenanya rutinlah menghapus hal tersebut untuk menjaga koneksi internet PC atau laptopmu tetap stabil.

2. Jangan buka terlalu banyak tab

Terlalu banyak tab yang dibuka juga dapat memperlambat internetmu, karenanya hindarilah hal tersebut. Namun seringkali karena tidak ingin menutup suatu halaman situs, kamu tidak mau menutup tab tersebut dan membuka tab baru. Tab yang terlalu banyak akan mengganggu koneksi internetmu, hal ini karena tab masih memungkinkan untuk mengakses data. Tentu koneksi internetmu akan terbagi karenanya.

3. Jangan sembarangan menambah atau mengupdate Add-Ons pada browser

Cara mempercepat koneksi internet selanjutnya adalah pertimbangkan lebih dulu ketika kamu ingin menambah fitur add-ons pada browsermu. Terkadang add-ons yang ditambahkan pada browser hanya untuk sekedar memperkeren tampilannya saja. Hal ini justru membuat browsermu rawan crash dan error, apalagi bila kamu mengubah settingan di halaman about config browser. Karenanya browsermu juga bisa menjadi lambat, sebaiknya bila tidak terlalu perlu hindari hal ini.

4. Pastikan modem agar tidak terlalu panas

Modem yang terlalu panas juga akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Bila koneksi internetmu menggunakan modem, maka rutinlah memeriksa kondisi modem apakah sudah terlalu panas atau tidak.

Modem yang terlalu lama digunakan akan membuatnya menjadi panas atau over heat. Hal ini tentunya akan menurunkan kinerja dari modem tersebut. Imbasnya adalah koneksi internet yang kamu gunakan bisa down atau menjadi sangat lambat. Bila modem sudah terlalu panas sebaiknya matikan dan cabut dari sumber listrik, bila tidak digunakan sebaiknya juga dimatikan.

5. Selalu update anti virus

Dengan menggunakan anti virus yang selalu update juga bisa membantu menstabilkan koneksi internet yang kamu gunakan. Salah satu faktor yang membuat koneksi intermu melambat adalah karena adanya serangan virus. Karenanya pastikan anti virus yang kamu gunakan selalu dalam kondisi update untuk mencegah serangan virus.

6. Telepon layanan internet yang kamu gunakan

Bila perangkat yang kamu gunakan semuanya baik-baik saja mungkin masalah bisa berasal dari provider internet yang kamu gunakan. Ini juga menjadi faktor yang memungkinkan internetmu menjadi sangat lambat.

Karenanya kamu bisa menghubungi penyedia internet yang digunakan untuk memberitahu permasalahan tersebut, selain itu bisa saja kamu memang lupa belum membayarnya. Hal ini tentu akan membuat provider memperlambat internetmu. Bila kamu menggunakan paket data maka rutinlah mengecek apakah paketan internetmu masih ada dan berlaku.

Semoga tips tadi bermanfaat. Selamat mencoba. 

1 Comment

  • sejingga
    Posted 08/07/2020 18:53 0Likes

    Very useful ~! Thank you, yaa ~ Ditunggu next tipsnya 🙂

Leave a comment

ZettaMedia.id © 2020. All Rights Reserved.