7 Tips Main TikTok Untuk Pemula, Biar Masuk FYP

Salah satu social media yang lagi naik daun adalah TikTok. Banyak creator yang bermunculan di TikTok. Kita pun tak ketinggalan untuk memanfaatkan media sosial satu ini. Nah kali ini kita akan bahas tips-tips penggunaan TikTok biar videomu masuk FYP. 

Apakah kamu sering membuat video tiktok? Mungkin kamu sering menemui video yang kurang berkualitas namun viral. Semua ini tentunya adalah karena algoritma tiktok yang misterius.

Namun bukan berarti hal ini tidak bisa dicari tahu. Nyatanya hal yang berkaitan dengan waktu posting, pilihan musik, hingga pemakaian tanda pagar atau tagar / hastag juga berpengaruh. Bila kamu penasaran akan hal tersebut, berikut adalah beberapa tips Tik-Tok yang bisa kamu coba agar videomu viral.

7 Tips Main TikTok Untuk Pemula

1.Hashtag

Agar kamu dapat menembus “lotre” TikTok maka maksimalkanlah beberapa hastag, dengan begitu videomu punya kesempatan masuk menu “For You”. Sudah ada pengguna yang berhasil menembus menu for you dengan memaksimalkan hastag #Foryou, #ForYouPage maupun #FYP.

Selain beberapa tagar tersebut  kamu juga bisa menambahkan tagar yang sedang tren saat ini untuk membantu videomu menembus menu “For You”. Lantas bagaimana cara kita mencari tagar yang sedang trending? Pertama cobalah untuk membuka menu “Discover”.

Kamu bisa melihat berbagai tagar di situ, dan tagar yang mempunyai ikon “fire” merupakan tagar yang sedang trending. Namun ingatlah satu hal berikut bila ingin menggunakan hastag tersebut. Pastikan video yang kamu upload memang berhubungan dengan hastag yang tengah trending tersebut.

Zettamedia - contoh pemakaian hashtag di TikTok
Contoh penggunaan hashtag yang videonya masuk ke FYP TikTok.

2. Pakai Caption Menarik, tapi Tidak Terlalu Panjang

Saat bikin caption, cukup pendek saja. Namun pastikan caption yang digunakan bisa dikombinasikan dengan hastag/tagar yang sesuai.

Ada sedikit tips membuat caption yang menarik, pertama pastikan kalimat yang digunakan mengandung pertanyaan atau humor. Kamu juga bisa menggunakan caption yang membuat followermu penasaran dengan unggahanmu. Sebagai contohnya kamu bisa menggunakan caption “part 1”. Dengan begitu mereka akan penasaran dengan part selanjutnya dari unggahan kamu.

3. Pilih Lagu atau Suara yang Sesuai

Lagu atau suara yang digunakan juga berperan besar agar tiktok yang kamu buat ditemukan pengguna lainnya selain penggunaan tagar. Pastikan kamu menggunakan lagu yang sedang viral atau tren, untuk menemukan lagu yang sedang viral bisa menggunakan cara :

– Melalui editor video

– Menyimpannya dulu untuk digunakan kemudian

– Pastikan Followermu menyukai musiknya

Kamu juga bisa berkreasi dengan berbagai musik dan suara di TikTok. Banyak musik dan suara yang dapat kamu olah ulang sesuai idemu. 

Zettamedia - tips main tiktok masuk fyp
Menu discover di TikTok dapat kamu gunakan untuk mencari ide-ide konten.

4. Pelajari Jam Aktivitas Followersmu

Menu analytics juga dipunyai oleh TikTok, hal ini sama seperti yang ada di Facebook maupun Instagram. Melalui menu ini kamu bisa mengetahui data apapun mengenai unggahan yang kamu buat. Kamu bisa mencari tahu jam terbaik dimana unggahanmu banyak disukai atau dilihat oleh followersmu.

Ingat, mempelajari data pengguna/pengikut itu penting lho dalam aktivitas di media sosial. Khususnya kalau kamu pakai TikTok untuk tujuan bisnis. 

5. Buatlah Konten yang Unik dan Asyik

Tiktok merupakan aplikasi untuk mengunggah video singkat, jadi pastikan video yang kamu unggah benar-benar unik. Kamu bisa menggunakan fitur pengedit video dari tiktok semaksimal mungkin. Kamu bisa mencontoh video yang tengah viral untuk mempelajari teknik editingnya.

Selain itu, buatlah konten yang asyik dan sesuai keinginan followers. Sebab konten semacam ini akan menjadikan profilmu lebih luas dan bisa menjangkau banyak orang.

6. Gunakan Lokasi

Ada kabar yang menyebutkan bahwa penggunakan tag lokasi juga diperhitungkan oleh algoritma tiktok. Dalam menu rekomendasi “For You” juga akan merekomendasikan video pengguna lain yang tidak jauh dari lokasimu. Jadi ada kemungkinan tag lokasi memang bisa mempengaruhinya, jadi pastikan kamu jangan ketinggalan menambahkan tag ini.

7. Pastikan Video yang Diposting Tidak Terlalu Panjang

Tips Tik-Tok yang bisa dicoba selanjutnya adalah membuat video yang tidak terlalu panjang. Hal ini karena kemungkinan besar algoritma tiktok juga memperhatikan seberapa lama videomu dilihat. Bila videomu dilihat sampai habis maka ada kemungkinan videomu masuk menu “For You”. Umumnya durasi yang pas untuk tiktok adalah 15 detik, namun kamu bisa membuatnya hingga 30 detik bila videomu benar-benar bagus.

Masih Perlu Belajar Tentang TikTok

Karena terbilang media sosial baru, masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang algoritma TikTok. Untuk itu kita perlu terus mempelajari cara kerja TikTok. Namun, seperti halnya aktivitas di media sosial lain, konten akan tetap menjadi faktor krusial dalam memanfaatkan TikTok. Kita perlu tahu betul seperti apa konten yang disukai/menjadi selera followers/audiens. Selanjutnya kita buat konten yang memenuhi selera tersebut. 

Itulah beberapa tips memanfaatkan TikTok. Semoga bermanfaat. 

 

0 Comment

Leave a comment

ZettaMedia.id © 2020. All Rights Reserved.