Menulis Konten Layaknya Meramu Sebuah Masakan



Posted by Zetta Media at 1 year ago
Like virus, viral contents are contagious and spread quickly all over the internet.

Zetta Media Network bersama kontributor Rula menggelar workshop menulis bertema "How to Write Viral Contents", pada hari Sabtu, (23/01/2016) di co-working space GAWE yang terletak di bilangan Tomang, Jakarta Barat.

Pada kegiatan ini, Ollie (Chief Content Officer Zetta Media Network) memberikan beragam formula, tips dan trik untuk menghasilkan artikel yang mempunyai potensi viral tinggi. Selain itu, juga untuk memperkuat skill serta teknik-teknik penulisan artikel yang memenuhi standar kualitas Zetta Media.

Kegiatan ini dibuka oleh Bunga Mega, Managing Editor Rula.co.id, dengan penjelasan singkat tentang Rula.co.id. Sesuai dengan visi Rula yang ingin membuat perempuan Indonesia semakin berdaya, Bunga Mega menginginkan Rula menjadi sebuah portal yang memberi ruang dan kesempatan untuk berkarya, berbicara dan berbagi kepada sesama perempuan melalui konten-konten inspiratif dan kreatif.

"Viral contents usually trigger these emotions or push people's : taboo, unusual, outrageous, hilarious, remarkable, or secrets." jelas Ollie mengenai bagaimana mengidentifikasi sebuah konten yang berpotensi viral.

Membuat sebuah konten yang dapat memancing emosi pembaca dapat diibaratkan sebuah proses meramu masakan. Mulai dari riset untuk mengetahui menu apa yang akan dibuat, bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, sampai ke proses menghidangkan menu tersebut. Seorang penulis sangat dianjurkan untuk melakukan riset sebanyak mungkin sebelum menulis sesuatu.

Selama workshop berlangsung, para peserta mengikuti dengan antusias dan aktif berdiskusi mengenai konten-konten yang selain berpotensi viral namun juga memiliki nilai inspiratif. Setelah sesi penyampaian materi oleh Ollie, peserta diberikan waktu untuk menulis konten sesuai topik yang dipilihnya dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang sudah diberikan.

Hal ini memberikan semangat positif kepada mereka dengan bersama-sama melakukan brainstorming ide-ide yang akan mereka tuangkan tersebut. Ollie secara langsung mendampingi dan memberikan feedback kepada mereka di sela-sela waktu menulis.

Hasilnya di luar dugaan, setidaknya hampir setengah dari seluruh peserta yang hadir saat itu dapat menghasilkan draft tulisan yang siap untuk di-publish di Rula.co.id.

Ollie mengharapkan, setelah workshop penulisan ini, selanjutnya para kontributor Rula sama-sama dapat saling belajar dan bekerjasama untuk memajukan Rula, Zetta Media Network secara keseluruhan, serta tentu saja memberikan banyak alternatif konten positif dan inspiratif untuk masyarakat muda Indonesia.




0
SHARES

What's your opinion?

Silahkan login untuk memberi komentar